Pusat Perbelanjaan


Berawal dari Tiga Jaya Department Store yang  sangat ramai di kunjungi masyarakat balikpapan, karena koleksi-koleksi yang memang terbaik di banding toko-toko yang ada, kemudian di muara rapak munculah toko Matahari yang entah memang kebetulan memang namanya sama atau mencatut nama Matahari Department Store, tapi dengan adanya Toko Matahari tersebut cukup menyedot perhatian masyarakat, pokoknya kalau lebaran bukan main berjubelnya masyarakat yang pingin beli pakaian baru. Juga berdirinya Toko Delta yang tepat di seberang Toko Matahari cukup membuat perhatian masyarakat Balikpapan terpencar ke 3 Toko tersebut.

Nah pada tahun 1992, sejarah pertokoan-Mall di Balikpapan di mulai dengan berdirinya Plaza Balikpapan yang pada awalnya bernama Balikpapan Center. Di awal buka, padahal mall tersebut progress nya masih berkisar 80%, alias masih tehambur dan belum di cat…….salah satu tenant yaitu HERO Supermarket sudah buka….jangan di tanya betapa antusiasnya warga Balikpapan……kalau kita jalan di dalam supermarket tersebut kita harus berjalan pelan alias merayap……betapa suka citanya warga Balikpapan, Hero Supermarket yang biasanya hanya bisa di temui di Pulau Jawa akhirnya sudah ada di depan mata. (Tapi kalau tidak salah saat itu di Banjarmasin sudah ada duluan.)

Wajah lama Balikpapan Center (Balikpapan Plaza)

Setelah Hero Supermarket buka, maka menyusul kemudian Gramedia BookStore yang berada di atasnya Hero Supermarket. Itupun Gramedia juga membuka outletnya sebelum finishing Mall Balikpapan Center selesai. Jadi saat menaiki tangga eskalator ke atas, sesampainya di atas kitapun menemui lantai mall tersebut  masih banyak menemui kayu-kayu bangunan mall masih berhamburan…di tambah bumbu bau kencing….ihh…pasti  bau kencingnya tukang bangunan……

Kemudian sejarah pun berlanjut dengan buka-nya Matahari Department Store….sebuah Department Store yang besar dan ternama di Indonesia buka Di Balikpapan…bagaimana dengan Tiga Jaya Dept. Store, Toko Matahari dan Delta Jaya? Tiga Jaya bergerak cepat dengan membeli lahan di sebelah hotel Gajah Mada dan membangun/merenovasi toko sebelumnya (sudah lupa toko apa ya?) menjadi 3 tingkat. Mungkin dengan maksud mengambil beberapa persen pengunjung Balikpapan Center agar dapat berkunjung ke toko Tiga Jaya Dept. Store yg hanya berkisar  10 meter dari Balikpapan Center. Di awal-awal beroperasinya tiga jaya di toko barunya tersebut memang masih menarik minat masyarakat balikpapan yang masih hapal sekali dengan Toko Tiga Jaya. Akan tetapi seiring dengan waktu Matahari Department Store yang menyediakan lebih banyak pilihan, maka pengunjung Tiga Jaya Dept. Store pun bertambah sepi, apalagi bila kita masuk ke dalam Toko Tiga Jaya Dept. Store kita selalu di sambut dan selalu di tanya kemana kita berjalan melihat-lihat baju selalu di dekati oleh pramuniaganya jadi pengunjung seakan risih, berbeda dengan Matahari Dept. Store kita bebas melihat-lihat dan berjalan-jalan tanpa selalu merasa diikuti pramuniaga…..sehingga itu menjadi salah satu alasan yang akhirnya Toko Tiga Jaya Dept. Store menjadi tinggal kenangan. Dan tokonya sekarang menjadi Inul Vista Karaoke.

Kemudian Toko Delta dan toko Matahari di Muara Rapak pun akhirnya pelan-pelan juga ikut-ikutan menjadi sejarah Pertokoan Balikpapan setelah berdirinya Balikpapan Center dan Matahari Dept. Store.

Dari Tahun 1992 Plaza  Balikpapan Center  terus berjaya tanpa saingan sampai dengan tahun 2003, yang mana Pihak Sinar Mas Wisesa yang juga pemilik perumahan Balikpapan Baru mendirikan Mall yang bernama Mall Fantasy,  Mall Fantasy/Mall Balikpapan Baru ini berada di Lokasi Perumahan Balikpapan Baru yaitu di kawasan RingRoad Balikpapan. Masyarakat Balikpapan menyambut antusias kehadiran Mall Fantasy yang mana  masyarakat ada pilihan berbelanja tidak lagi hanya berkunjung ke Balikpapan Center saja yang selama kurang lebih 11 tahun hanya terhibur oleh Balikpapan Center saja. Akan tetapi tenant-tenant yang ngisi di Mall fantasy sangatlah bukan yang baru buat di Balikpapan, seperti Hero Supermarket, KFC.  Mall Fantasy di awal beroperasi lumayan  menarik minat kunjungan Masyarakat Balikpapan selain Balikpapan Center. Tapi Salah satu yang membuat Mall Fantasy kalah bersaing dalam menarik banyaknya kunjungan dengan Balikpapan Center adalah faktor  lokasi yang bukan daerah Bisnis dan Bukan lokasi perbelanjaan, seperti Balikpapan Center yang tepat di tengah lokasi Bisnis dan perbelanjaan Klandasan dan Pasar Baru. Mall Fantasy berada di lokasi Perumahan Balikpapan Baru kemudian jalan yang melewati pun juga tidak seramai di daerah Klandasan. Sehingga keberadaan Mall tersebut hanya menguntungkan buat penghuni Perumahan Balikpapan Baru, sedangkan buat masyarakat Balikpapan lainnya agak susah untuk menuju Mall tersebut, di karenakan fasilitas angkutan umum yang terbatas, dan yang pasti bukan jalan yang melewati Mall Fantasy adalah bukan jalur utama kota Balikpapan. Dan salah satu alasan kalah bersaing adalah tenant-tenant yang ada tidak lebih bagus dari yang ada di Balikpapan Plaza. Bahkan ada satu tenant yang cukup punya nama yaitu Value hanya buka beberapa bulan saja yang akhirnya juga tutup karena sepinya pengunjung.

Tampilan Lama Mall Fantasy

Kemudian tahun 2004 di muara Rapak berdiri Plaza Rapak dengan tenant utamanya Ramayana Department Store yang mengisi 3 lantai. Wah keberadaan Ramayana di Balikpapan pun di sambut antusias warga Balikpapan, dari seluruh penjuru Balikpapan meramaikan suasana Ramayana saat pembukaan pertamanya……..Selain Ramayana ada juga KFC, dan Toko Buku Kharisma yang mewakili di sekitaran Rapak. Lokasi Rapak Plaza yang berada benar-benar di tengah kota Balikpapan dan di tengah-tengah kepadatan penduduk kota Balikpapan membuat plaza Rapak juga tidak pernah sepi pengunjung, arus lalu lintas yang menuju kawasan Gn. Sari, Soekarno Hatta, Gn. Pipa, Kr. Anyar benar-benar keberadaannya selalu ramai.

Keberadaan Plaza Rapak yang berada di titik keramaian Muara Rapak

Di Tahun 2005 juga disebut tonggak bersejarah Balikpapan karena di tahun inilah banyak proyek-proyek besar di bangun, khususnya Mall yang kita bicarakan di sini. Pada tanggal 18 Juni 2005 adalah pelatakan batu sebagai tanda dilaunchingnya mega proyek baru BSB, yang dilakukan oleh Walikota Balikpapan H Imdaad Hamid SE. Di tahun yang sama mulailah proyek Mall yang di katakan sebagai Mall terbesar di Kalimantan yaitu Pasar baru Square yang berada tepat di Pasar Baru. Jadi saat pembangunan Pasar lama sementara di relokasi ke tempat penampungan sementara, sampai struktur bangunan Mall selesai.

Pertengahan tahun 2006 di RingRoad dengan mendirikan gedung sendiri MAKRO/LOTTE berdiri megah

Nah Plasa Balikpapan yang berada tepat disamping yang hanya berjarak +/-  70 meter tidak mau kalah. Pada tahun 2007 Pihak PT. Pandega Citra Niaga tidak mau kalah juga membangun Trade center yang berada tepat di tengah antara Plaza Balikpapan dengan proyek Mall Pasar Baru Square. Hanya saja pihak pengembang Trade Center jauh lebih cepat dalam menyelesaikan Trade Center di bandingkan proyek Pasar baru Square sehingga pada tanggal 20 November 2008 di lakukan Soft Opening Trade Center oleh Wakil Walikota yaitu Rizal Effendi. Pembukaan The Plaza Balikpapan Trade Center kemarin sungguh menarik perhatian warga Balikpapan. Pasalnya diantara brand – brand yang hadir, turut dibuka untuk pertama kalinya di Kalimantan Timur, yakni Pasar Modern berkelas Hipermarket, Hypermart. Hadirnya Hypermart benar – benar menjadi magnet. Warga dengan tidak sabar berbelanja digerai usaha makanan dan kebutuhan rumah tangga dengan harga yang menarik tersebut.
Kehadiran Hypermart ini semakin melengkapi pusat perbelanjaaan dikawasan Balikpapan Trade Center. Di Trade Center ini juga dibuka bersamaan yaitu Fast Food asal Amerika yaitu A & W juga yang pertama di Kalimantan.

22 Desember 2008…ini adalah tanggal bersejarah buat Kota Balikpapan….pada tanggal inilah mulai beroperasinya Cinema XXI di Pasar Baru Square yaitu bioskop jaringan dari 21Cineplex tapi dari segi interior dan kualitas film lebih baik dari bioskop 21 yang sudah buka di Samarinda. Bayangkan masyarakat Balikpapan baru merasakan menonton film-film terbaru Box Office di akhir tahun 2008, sebelumnya memang ada bioskop Gelora di klandasan yang sudah lama berdiri, akan tetapi film-film yang di putar adalah film sudah lama di putar di bioskop 21 dan juga kualitasnya semua di bawah standar……sungguh kasihan warga Balikpapan, bayangkan dulu sebelum ada Cinema XXI di Balqony Mall bingung mau nonton di mana?  Tapi dengan di bukanya Cinema XXI yang pertama di balikpapan tetap ada uniknya juga, yaitu lokasi Cinema XXI sendiri berada di dalam Mall yang  belum 100 persen selesai….alias Cinema XXI adalah tenant pertama yang buka di Pasar baru Square…..jadi kalau kita pergi ke Cinema XXI naik ke parkiran lantai parkiran masih berdebu dan tidak nyaman, juga tangga menuju ke lantai atas pun juga masih kotor….Akan tetapi walaupun Pasar Baru Square sebagian besar masih amburadul, animo warga Balikpapan untuk mengunjungi Cinema XXI terbilang tinggi mungkin  karena satu-satunya di Balikpapan.

Suasana di dalam Cinema XXI BalconyCity Mall

Setahun kemudian tepatnya tanggal 09 September 2009 , yang di katakan sebagai hari keberuntungan oleh pihak pengembang Balikpapan Super Block BSB. Diresmikanlah E-Walk yaitu Mall yang sekaligus entertaiment , boleh di bilang semacam Citos (Cilandak Town Square)nya Balikpapan. E-Walk bisa di bilang sebagai pelopor Mall yang mengandalkan tenant-tenant ternama dari Jakarta bahkan juga dari Luar Negeri, bahkan juga sebagai pelopor di Balikpapan yang tenant-tenantnya sebagian besar baru pertama kali ada di Kalimantan membuka outletnya di Balikpapan, semacam Starbucks, Haagen Dazs, Dunkin Donuts, Body’s n Soul, Bread Talk, J-Co Donuts, Takigawa, Score!, Mr.Pancake, Doner Kebab, dll. Di E-Walk bergabung toko-toko ternama dengan restoran-café terkenal di Indonesia seperti yang di sebutkan di atas. …Tempat kongkow-kongkow  berkelas telah hadir di Balikpapan, warga Balikpapan bisa di bilang tidak perlu lagi pergi ke jakarta untuk merasakan hal yang sama saat  seperti di Jakarta.

Tampak Depan E-Walk BSB

Mulai saat itu pula warga Balikpapan mulai keranjingan ke E-Walk yang tenant-tenant nya memang lebh bervariasi dan lebih punya nama di bandingkan Mall Balikpapan Plaza. Ke E-walk terasa lebih menyenangkan dan lebih berkelas di banding ke Plaza Balikpapan…kesannya sih memang begitu…..di E-walk lebih banyak pilihan untuk kongkow-kongkow…..banyak pilihan semisal Starbucks, J-Co, Takigawa, Es Teller77, Solaria, Pizza Hut, Score!, dll. Sedangkan plaza Balikpapan…? Resto2nya tidak sebanyak di E-walk dan suasana Plaza kurang mendukung untuk dibuat kongkow-kongkow layaknya di E-Walk yang memang di desain untuk hiburan dan Entertainment.

Di saat hari-hari kerja terutama saat jam istirahat siang E-Walk tak pernah sepi pengunjung….semua resto terisi penuh…..

Suasana di dalam E-Walk saat konser dari WALI Band

Apakah Plaza Balikpapan hanya berdiam saja melihat pengunjungnya berkurang…?

Bagaimana dengan Pasar Baru Square? Yang telah berubah nama menjadi Balqony City? Tanggal 18 Desember 2010, Cahaya Department Store yang menempati 3 lantai telah buka yang sekaligus Soft Opening Balcony City Mall………jalan di Pasar Baru saat itu benar-benar macet-cet…..karena warga Balikpapan tumpah ruah meluruk ke Balcony City yang juga opening nya Orange Mart dan Zona 2000 di Area Cahaya Dept.Store. Warga Balikpapan akhirnya punya 3 pilihan Mall Besar di satu jalur dan letaknya tidak berjauhan……terutama Balcony City dan Plaza Balikpapan hanya terpisah sungai kecil….anak kecil melempar batu pun juga nyampe kok…..:) Hanya saja tenant-tenant di Balcony City tidak serentak buka……saat Cahaya Dept. Store buka..masih banyak tenant yang belum buka……resto yang sudah bukapun  baru Lagoon Food, KFC, Kafe Betawi. Akan tetapi kalau anda ke Balcony City anda akan merasakan suasana sangat berbeda dengan mall-mall lainnya di Balikpapan. Balcony City satu-satunya Mall yang menghadap ke Laut selat Makasar. Dan memang mengandalkan View Lautnya……Di Resto Lagoon Food anda akan merasakan seperti menikmati Resto di Kapal Pesiar….anda akan merasakan indahnya menikmati birunya laut selat makasar……tidak ada duanya di Indonesia…..

Pihak Balqony City mengklaim bahwa Cinema XXI pun walaupun Cahaya Dept. Store belum beroperasi pun Cinema XXI tetap ramai di kunjungi warga Balikpapan, padahal di E-Walk juga ada Cinema XXI (tapi memang di E-Walk Cinema XXI lebih mahal Rp.10.000) setelah Cahaya Dept. Store beroperasi animo masyarakat terhadap Mall Balcony terlihat meningkat, sehingga tidak lama cahaya Dept. Store buka tenant-tenant lainnya pun akan menyusul, seperti Solaria, A & W, Es-Teller 77, Burger King, Kopi Luwak, Starbucks, J-Co, dll akan menyusul………

Mall yang pertama di balikpapan yaitu Plaza balikpapan pun tidak mau kalah…..proyek mereka Yaitu Skybridge hampir rampung dan akhirnya Hari Kamis, tanggal 20 Januari 2011 Tenant pertama sudah buka dan beroperasi 24 jam + Drive Thru yaitu McDonald yang merupakan McDonald Pertama buka di Balikpapan dan cabang ke 110 di Indonesia……kelamaan ya sudah puluhan tahun di Indonesia baru buka di balikpapan…… Bayangin aja deh kalau di Balikpapan yang masyarakatnya berasal dari bermacam-macam daerah…..yang namanya Brand terkenal di Indonesia kalau baru buka di balikpapan bakalan di serbu abissss!!!!!!!, dulu pertama HERO supermarket, Matahari, J-Co, Starbucks, Pizza-Hut, Cahaya, Hypermart, MAKRO, Ramayana……ngga tau awal bulan atau bulan tua istilah duit sudah menipis…pokoknya SERBUUUUU!!!!! Tanpa pandang mundur.

Dan McD baru permulaan dari tenant pertama yang buka di Skybridge. Menyusul Solaria (Solaria di balikpapan bakalan ada 5). Beberapa tenant tenar lainnya lagi bakalan mengisi yaitu J-Co (3 store in Balikpapan), Starbucks (3 store in Balikpapan)…..

Proyek lainnya di Plaza Balikpapan yang bakalan menyusul bila Skybridge selesai adalah bakalan adanya Ranch Market, Blitz Theater……oh…..Balikpapan ku,  …..dulu sebelum Cinema XXI di balcony City buka warga Balikpapan di saat weekend bisa di bilang mati gaya…apalagi yang pacaran…he..he..he…. tapi begitu ada Tsunami persaingan 3 Mall (E-Walk, Balcony City dan Plaza balikpapan)…..dalam kurun waktu 1 tahun sudah ada 2 Bioskop Cinema XXI, Samarinda yang sudah lama ada jaringan Bioskop 21 aja masih 1,  Balikpapan langsung ada 2 dan nantinya bakal 3……..padahal jumlah penduduknya aja sekitar 600 ribuan saja….tapi yang perlu diingat adalah Balikpapan merupakan kota tujuan weekend untuk warga Penajam, Tanah Grogot, Samboja, Handil, Tenggarong bahkan dari Ibukota Samarinda selain dari Warga Balikpapan sendiri…….….

Plaza Balikpapan setelah renovasi adanya McDonald 24hour Drive Thru

Tampak depan Plaza Balikpapan di awal tahun 2011.

Di luar dari ke tiga mall tersebut sebelumnya toko Center di kebun sayur dahulunya merupakan toko utama di Balikpapan yang menyediakan tools-tools baik untuk rumah tangga maupun kantor-kantor, tetapi  sejak adanya ACE Hardware yang buka di Balikpapan Permai yang menyediakan peralatan-peralatan baik untuk keperluan rumah tangga maupun perkantoran, apalagi dengan lokasi yang strategis di tengah kota maka warga pun beralih ke Ace Hardware yang saat baru buka juga menyediakan perabotan furniture dengan kualitas Import.

Kemudian Index Furniture/Informa yang merupakan satu group dengan Ace Hardware juga membuka cabangnya di Balikpapan tepatnya di RingRoad….Index Furniture khusus menjual produk-produk Furniture dengan kualitas Import…..Baik Ace Hardware maupun Index Furniture tidak pernah sepi pembeli, bahkan menjadi tujuan utama para Expatriat yang bekerja di Balikpapan untuk berbelanja,di karenakan kualitas barang yang dijual sangat baik.

About these ads

33 thoughts on “Pusat Perbelanjaan

  1. kalo masalah laut oke lah..tapi kalo mau bicara ramai nya antusias masyarakat untuk mal tempat berbelanja,10:3 ramainya samarinda mah balikpapan ketinggalan jauh..balikpapan itu terlalu di paksa kan dan terlalu serakah untuk segala hal..samarinda mah santai aja kale…samarinda ingin berbagi kepada bontang dan tenggarong untuk membagun mal juga dan kalo belum ada yaa monggo orang tenggarong,kutai barat,kutai timur,bontang,dan pedalaman lain nya iya berbelanja di Mal-Mal samarinda engga usah jauh-jauh ke balikpapan dan juga harga2 di bpp mahal2 dan sepi pengunjung

    • Terima kasih sudah berkunjung ke situs ini….memang samarinda jauh lebih padat penduduknya di banding Balikpapan, apalagi Samarinda didukung dengan kota/kabupaten yang cukup dekat, seperti tenggarong/kutai, bontang, sangata dan di Samarinda seberang juga padat akan penduduk. Kalau di bilang sepi memang yaitu Mall Balikpapan Baru yang dulunya bernama Mall fantasy di karenakan lokasi yg tdk menguntungkan buat mereka. Dan Mall Balcony yang baru saja buka dan belum terisi penuh oleh tenant2. Tetapi daya beli warga yang kuat membuat investor tidak takut, sehingga dalam 1 jalan lurus Jend. Sudirman ada 3 Mall dan 1 trade center Balikpapan Plaza, setiap week end kita bisa lihat mal-mal tersebut selalu ramai……dan saya akui memang Harga-harga di Balikpapan ada yang lebih mahal dari Samarinda

  2. satu lagi yg bisa saya tambahkan bang, pengunjung mal di Balikpapan kan bukan hanya dari kalangan lokal, tapi juga expatriate, jadi segmen konsumen nya berbeda, jelas aja mal di Samarinda penuh sesak, tapi mereka tidak berbelanja secara penuh alias etalase shopping (sesuai brand yg ada di mal tsb) nah kalau di Balikpapan lebih ke lifestyle. Semua sesuai dengan pangsa pasar dimana investor jeli melihat hal ini, jadi tidak salah banyak brand2 internasional dan nasional (starbucks malah buka 2 cabang, MegaBlitz, Hok2bento) malah buka di Balikpapan, kalau buka duluan di Samarinda, makan segmen pasar ini nggak bakal laku. Just my 2 cent

  3. yoi orang balikpapan lebih berkelas daripada ketimbang sekedar berbelanja… investor ga bego2 banget juga berani buka tenant di balikpapan , kalo ga nilai keuntungannya, mereka jg udah mikir kenapa harus buka di balikpapan , kenapa ga di kota tetangga.. so ga bisa di bilang serakah… karena itu semua harus dipertimbangkan , ini investasi bung, bukan sekedar maen buka tutup tempat usaha….

    kalau ada tempat makanan yg buka baru, mungkin di awal2 bakalan banyak tuh yg mencoba sampai antri, n liat begitu bbrp bulan, kalo ga enak tuh rasanya, bakalan bisa nebak gimana nasib tuh tempat, udah banyak contoh kan, yg tenant cukup besar yg akhirnya tutup juga

  4. Hmmm…info yg menarik…tq banget.
    Kalau kondisi terkini bagaimana ya perkembangan antara E-Walk, Balcony City dan Plaza Balikpapan. Mana yang paling berkelas, mana yang paling ramai?
    Tq sebelumnya…

    • Hi…thx sdh berkunjung….memang semenjak ada E-walk Plaza Balikpapan sbg Plaza/mall pertama mulai meng upgrade tenant2 nya, yang sekarang lagi on progress adalah Mall Expansion buat perluasan Gramedia, Rencana Blitz Theather (satu2nya Bioskop MegaBlitz di luar Jawa), lagi fitting outnya Starbucks, Ranch Market, Ta Wan, kemudian progress selanjutnya adalah Hotel dan wahana hiburan pinggir pantai. setidaknya saat ini E-walk bakalan ada pesaing berat, Pihak BSB (yg punya e-Walk) sendiri juga bakalan membuat Mall baru lagi di lokasi dekat dgn Apartment. Dan Balcony City skrg sedang progress fitting out nya Electronic Solution / Home SOlution, kacian nih Balcony gara2 terlambat progress pembangunan Mall, byk tenant2 yang lari ke Plaza balikpapan, salah satu yaitu McD, dll. Tapi tahun depan Balcony City setelah hotel Swiss Bell mulai beroperasi, Mall Balcony bakalan lebih padat dan bermutu ….. secara view nya ke arah selat laut lebih memanjakan mata para pengunjung di banding Plaza balikpapan, terlebih E-Walk…….

  5. wah mas nya menguasai banget proyek2nya plaza balikpapan ngalah2i saya yg pegawai PT.PCN,hehee…nice article mas,plaza balikpapan segera lebih besar lagi setelah akuisisi dengan PT.Agung Podomoro,Tbk,jd tunggu perkembangan selanjutnya :)

  6. balikpapan emang keren…saya aja mau ke sana lagi…
    bersih banget kota nya,boleh di bilang balikpapan singapore nya indonesia..

    • terima kasih miko….balikpapan mmg sedang meniru Singapore, rencana Coastal Road thn 2013 ini di mulai, n pusat2 perbelanjaan di bangun, yg sdg konstruksi yaitu Pentacity n New city

  7. kalo ada sekalian poto2 jaman dulunya juga om, seperti pasar rapak sebelum ramayana dan luki (eks plaza kebun sayur)

  8. Balikpapan sebaiknya lebih berbenah iman bukan cuma kotanya yang dibikin bersih tp mentalnya juga dong. Tempat maksiat merajalela, mungkin ini investasi yang paling menguntungkan di balikpapan ya. Kota maksiat….itu yang seringkali saya dengar dibicarakan orang.

  9. Balikpapan is a lovely and nice place….. bangga jadi warga Balikpapan, kotanya bersih, lalu lintas rapi ga kaya kota lainnya. Masalah maksiat, jangan suka menuduh seperti itu, semua tergantung pada imannya masing2 aja… selama saya lahir dan hidup disini, semua fine aja… warga sini masih menjaga sopan santun… jadi tolong yang bilang Balikpapan kota maksiat agar dipikir lagi ucapannya. Kalu ngiri dengan kemajuan kota Balikpapaan yang emang lebih OK dibanding kota lain di Kalimantan, please ga usah menghujat yaaaa. Love Balikpapan forever as a BERIMAN CITY…..

  10. Kalo mall-mall balikpapan di bilang maksa, entah bagaimana dengan mall-mall yang ada di samarinda. Mall Lembuswana gatau kapan diperbaharui, 1 jam hujan aja sudah banjir. Mall Mesra Indah yang dari dulu memang lokasinya di dekat pasar, isinya pun sudah bisa ditebak seperti apa. Samarinda Central Plaza, biasanya saya dan teman-teman ke sini karena mau nonton aja (xxi nya mahal bangettt tiketnya Rp. 40ribu -_-), selebihnya bingung mau ngapain, tenant2nya tergolong kurang ciamik. Plaza Mulya bisa dibilang lebih keren (yang paling saya suka masjidnya). Mall yang maksa sebenernya ya ini. Di bangun di tempat yang padat lalu lintas, sudah pasti kendaraan yang lalu lalang dan keluar masuk mall banyak yang amburadul. Tenant-tenantnya lumayan oke, tapi spotnya gak cozy (contoh jco). Dan sepertinya kekurangan daya listrik, eskalator yang nyala cuma beberapa, dan pendingin udaranya sering seperti tidak berfungsi juga. Big Mall katanya bakal jadi mall yang bisa dibanggakan sama warga samarinda, tapi sampai sekarang masih belum selesai pembangunannya, katanya sih PLN gak sanggup nyediain listrik untuk ini mallnya. Keliatan toh mall di kota mana yang maksa. Hahaha

  11. Terima kasih untuk infonya, sangat membantu saya.
    Karena saya akan pindah kantor dari Jkt ke Balikpapan.
    Saya pikir kebutuhan2 saya dan keluarga nanti tidak susah carinya karena hampir semua ada di Balikpapan.

    • Terima kasih mas Daniel sudah berkunjung ke kotabalikpapan.wordpress.com, Balikpapan kota Dati II ini memang menuju kota yang layak huni dalam segala hal dan masih berproses menuju ke sana, Bandara Sepinggan yang sangat dekat (masih di dalam kota), pelabuhan laut yang sangat dekat (juga masih dalam kota), pariwisata yang juga masih perlu pengembangan, pusat2 belanja/mall yang terus tumbuh untuk melengkapi kebutuhan warganya yang sangat berwarna dari berbagai daerah. Semoga betah ya Mas di Balikpapan.

    • Untuk mall saat ini di Balikpapan baru ada 3 yang bisa di singgahi yaitu E-walk di BSB, Balcony Mall di Pasar baru dan Plaza Balikpapan dengan trade centernya. Terima kasih.

  12. Di kalimantan Balikpapan merupakan kota yg paling berkembang secara infrastruktur, apalagi mall dan hotel sdh ga ada lawannya menurut pendapat sy… dalam tahun 2013 ini sy sudah ke pontianak, palangkaraya dan banjarmasin …. sy nilai balikapan msh lebih oke…

  13. di balikpapan ada tempat khusus jualan kue kering gak ya? soalnya saya ada keinginan mau masukin kue kering saya k sana. thanks ya buat infonya

    • Td pagi temen saya banyak cerita soal kota asal nya ( balikpapan)
      Saya sendiri dr kota banjarmasin.
      Skarang kt domisili di jakarta.

      Karna saya belom pernah kebalikpapan dan temen saya pernah tinggal d banjarmasin.
      Saya bertanya beda nya balikpapan dan banjarmasin
      Point yg saya tangkap sebagai berikut.

      1. Balikapapan lebih bersih
      2. Pembangunan 10:6 (bpp lebih unggul)
      3. Style, fashion banjarmasin kaya nya lebih unggul

      4. Pola fikir anak muda nya , balikpapan jauh ketinggalan dr banjarmasin, masih banyak yg suka malak, premanisme juga gampang d temui, padahal usia masih muda muda.

      Tp saya sendiri beom pernah ke balikpapan.
      Dan saya sangat ingin ke balikpapan.

      • Hi, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, Ryan sebaiknya berkunjung ke kota Balikpapan, untuk melihat dengan mata sendiri bagaimana perkembangan kota Balikpapan. :)

  14. Assalamu’alaikum…
    Mw bertanya.. apa sudah ada produk herbal?
    Klw mw masukin produk gmna carax yah??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s