PERGURUAN TINGGI NEGERI


1. Politeknik Balikpapan

Di awal tahun 2012 ini, baru saja Balikpapan 1 perguruan tinggi POLITEKNIK BALIKPAPAN menjadi status Negeri , berada di kilometer 8 jalan Soekarno-Hatta, yaitu jalan utama yang menghubungkan Kotamadya Balikpapan dengan Ibukota Provinsi Kalimantan Timur yaitu Samarinda. Diketahui, Poltekba menjadi negeri atas terbitnya Permendiknas nomor 41 tahun 2011 tertanggal  9 September  lalu. Setelah melewati pengajuan yang alot sejak 2006 lalu oleh Pemkot Balikpapan.  Maka setelah menjadi Status Negeri ini, hak-hak Poltekba menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.


Dari 23 dosen dan 1 tenaga ahli, hingga saat ini masih 10 orang yang dialihkan menjadi PNS pusat.  Selebihnya secara bertahap.

Politeknik Balikpapan sendiri memiliki 4 program studi, yaitu :

  1. Teknik Mesin Alat Berat
  2. Teknik Elektronika
  3. Teknik Sipil
  4. Teknik Boga

Politeknik Balikpapan berdiri yaitu pada tanggal 2 Agustus 2002 Izin Pendirian Politeknik Balikpapan disetujui melalui Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No.168/D/O/2002. Pada awalnya Kantor pusat penyelenggaraan administrasi dilaksanakan di SMP Negeri 12, Kampus I di SMK Negeri I Balikpapan untuk program studi Teknik Mesin Alat Berat, Teknik Elektronika dan Teknik Sipil, sedangkan Kampus II di SMK Negeri 4 Balikpapan untuk penyelenggaraan proses pembelajaran Tata Boga.

Kemudian secara bertahap sejak tahun 2004  telah melakukan upaya pembebasan lahan seluas 15 Ha yang berlokasi di Jl. Soekarno – Hatta Km.8,  yang merupakan  cikal bakal kampus Politeknik Balikpapan saat ini. Perencanaan untuk pengembangan kawasan kampus Politeknik kedepan telah tersusun dalam masterplan yang disusun bekerjasama dengan LAPI-ITB Bandung.  Realisasi masterplan  diawali Peletakan batu pertama pembangunan Kampus Politeknik Balikpapan dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional Prof. Dr. Bambang Sudibyo pada tanggal 10 Februari 2007 bertepatan dengan peresmian Kota Balikpapan sebagai Kota Vokasi.

Dan tahun 2008 Kampus baru di Jl. Soekarno – Hatta Km.8 telah dapat ditempati, dilanjutkan dengan pembangunan gedung kuliah untuk Program Studi Elektronika pada tahun 2009.   Dan pada tahun 2010 dibangun gedung Workshop untuk Program Studi Mesin Alat Berat.  Sejak saat itu kampus pusat dan hampir seluruh perkuliahan dipindah ke kampus yang baru sedangkan  untuk kegiatan praktek teknik mesin Alat Berat masih menggunakan fasilitas SMK Negeri 1 Balikpapan dan praktek untuk Tata Boga menggunakan SMK Negeri 4 Balikpapan.

Pada tahun 2010, Politeknik Balikpapan telah membuktikan kelaikanya dalam melaksanakan system penjaminan mutu internal dengan hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BAN-PT untuk masing-masing Program Studi adalah sebagai berikut: Teknik Mesin Alat Berat Terakreditasi B dengan nilai 313 (berdasarkan Keputusan BAN-PT No.002/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/V/2010), Tata Boga Terakreditasi B dengan nilai 320, Teknik Elektronika Terakreditasi C dengan nilai 293, Teknik Sipil Terakreditasi C dengan nilai 283 (berdasakan Keputusan BAN-PT No.001/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/V/2010).

Dan puncak proses penegerian yang merupakan tonggak baru sejarah Politeknik adalah pada tanggal 9 September 2011 dengan ditandatanganinya Permendiknas Nomer 41 Tahun 2011 tentang Pendirian Organisasi dan Tata Kerja Politeknik   Negeri Balikpapan.

Sumber data www.poltekba.ac.id

2. ITK (Institut Teknologi Kalimantan)

Kalau selama ini hanya mengenal kehadiran Institut Teknologi hanya diseputar Pulau jawa namun mulai tahun 2012 ini perguruan tinggi (PT) jenis Institut Teknologi seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Surabaya (ITS) bakal ada di sejumlah daerah seperti Kalimantan dan Sumatera dan ditahun 2012 ini dipastikan hadir Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Kalimantan Timur (kaltim) tepatnya di Kota Balikpapan.

Tahun 2012 ini ITK akan ada di Balikpapan , namun dapat dipastikan kalau ITK bakal dibangun di Balikpapan diatas lahan seluas 300 Ha termasuk didalamnya lahan milik pemprov Kaltim seluas 60 Ha.
Untuk mewujudkan ITK di Balikpapan pemerintah pusat akan menggelontorkan dana Rp 400 miliar dari APBN. Pembangunan ITK akan dimulai tahun ini dan ditargetkan berlangsung setahun dan ditahun 2014 sudah bisa dilakukan proses belajar mengajar di ITK.

ITK bahkan diproyeksikan melebihi dua institut yang sudah ada di Indonesia, yakni Institut Teknologi Surabaya (ITS) dan Institut Teknologi Bandung (ITB), sebab dua institute itu ketika dibangun awal memang ada dana tapi tidak seperti ITK nantinya sehingga ada dana dulu baru membangun berbagai fasilitas sehingga ITB maupun ITS belum langsung sesuai kebutuhan pembangunan fisiknya ketika itu, kalau ITB kan luas lahannya hanya 180 Ha, sedangkan ITK diminta harus dua kali lipat dari ITB yakni 300 Ha.
Ide pendirian ITK dimatangkan melalui Focus Group Discussion (FGD) oleh tim ITS, November lalu, tim ini membuat feasibility study (FS) dengan menyimpulkan 8 jurusan yang akan didirikan pada tahap pertama, terdiri dari  teknik mesin, elektro, industri, teknik sipil, dan lingkungan dan masih ada bidang lain seperti bidang sains, matematika, fisika, dan kimia, pada saat angkatan pertama diprediksi akan diikuti sebanyak 320 mahasiswa di mana setiap jurusan berjumlah 40 orang dengan 6 orang dosen dan ini dipastikan akan terus berkembang., terang Direktur Jenderal Perguruan Tinggi Djoko Santoso.
Dikatakan Djoko, setelah kesepakatan dalam MoU pendirian ITK antara pemerintah pusat dan daerahnya, bola saat ini berada di tangan daerah (Pemkot Balikpapan dan Pemprov Kaltim) yang harus menyanggupi penyediaan lahan.

Penerimaan mahasiswa baru bahkan akan dimulai tahun ini (edit ; September 2012), sebelum bangunan fisik ITK berdiri, para mahasiswa angkatan pertama itu bisa dititipkan dulu berkuliah di kampus lain (edit;meminjam diklat Pertamina dan gedung lainnya untuk sementara waktu).
120 mahasiswa grade A  dari ITS  disekolahkan ke Jerman untuk menjadi dosen ITK, sehingga jika bangunan rampung pada akhir 2013, ITK sudah bisa dioperasikan namun dia berharap jika program studi ITK disesuaikan dengan kebutuhan Kaltim maka dipastikan aka nada bidang pengolahan minyak, batu bara, perkebunan, dan lainnya.

sumber data www.poskotakaltim.com

One thought on “PERGURUAN TINGGI NEGERI”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s