Pariwisata

Lokasi Wisata Balikpapan :

1. Penangkaran Buaya Teritip

dscn0065-a

 

Penangkaran Buaya ini terletak di Kelurahan Teritip dengan luas areal 5 ha. Tempat ini terbuka untuk umum setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00. Lokasi ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat, juga dengan kendaraan umum yaitu angkutan kota No. 7 dengan jarak 25 km dari pusat kota Balikpapan.

Letaknya tak jauh dari Pantai Manggar & Pantai Lamaru, yang merupakan salah satu obyek wisata favorit di Balikpapan. Lokasi penangkaran tersebut berada di Jl Mulawarman No 66, Desa Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur.

Penangkaran Buaya Teritip merupakan penangkaran buaya yang memiliki jumlah buaya paling banyak di Kalimantan Timur. Saat ini terdapat lebih dari 1.450 ekor buaya yang ditangkar, terdiri dari buaya muara (Crocodylus porosus) yang paling dominan dan dua jenis buaya langka, yaitu buaya air tawar (Crocodylus siamensis) dan buaya supit (Tomistoma segellly). Ribuan buaya ini ditangkar dalam puluhan kandang di areal seluas 5 hektar.

Kandang buaya dibagi atas 4 kategori, yaitu kategori anakan, penggemukan, remaja dan induk. Penangkaran ini dikelola oleh pihak swasta yaitu  CV. Surya Raya sejak tahun 1993. Setiap pengunjung dikenakan biaya Rp.15.000 per orang/dewasa dan Rp.10.000/anak-anak.

Selama ini buaya dikenal sebagai hewan yang liar, buas, dan berbahaya. Di Penangkaran Buaya Teritip, pengunjung bisa melihat secara dekat gerak-gerik hewan amfibi tersebut.  Pengunjung dapat langsung memberikan makan berupa ikan dan ayam hidup kepada buaya yang ditangkar. Saat buaya-buaya berebut makanan, menjadi hal yang menarik perhatian pengunjung. Kalau jadwal pemberian makan buaya hanya dua kali dalam seminggu. Tapi, pengunjung bisa membeli satu ekor ayam seharga Rp 10.000 dan langsung memberikan makan kepada buaya-buaya yang ditangkar.

Selain melihat proses pemberian makan buaya, pengunjung juga bisa menikmati wisata satwa lainnya, yaitu menunggang dua gajah Lampung yang ada di kompleks penangkaran buaya. Sebagai suvenir, bisa diperoleh berbagai cinderamata berbentuk buaya.
Bagi yang hobi berwisata kuliner, di Penangkaran Buaya Teritip juga bisa mencicipi sate buaya yang dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan dan juga menjual tangkur buaya. Tapi, penjualan sate buaya, tangkur, minyak buaya, dan lain-lain hanya tersedia di akhir pekan atau hari libur.

2. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar
Pantai Manggar

Bila ingin merasakan pantai dengan bentang pasir yang panjang dan bersih….maka di pantai Manggar inilah tempatnya.

Tempat ini dibuka untuk umum mulai pukul 06.00 – 18.00, dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum nomor 7.  Lokasi pantai ini berada di Kelurahan Manggar dengan jarak 13 km dari Bandara Sepinggan atau 21 km dari pusat kota Balikpapan.

Fasilitas tersedia watersport : banana boat dan jet ski, juga penyewaan-penyewaan balon pelampung untuk anak-anak.

3. Pantai Kemala

Lokasi pantai ini berada di dalam kota Balikpapan, dengan memiliki butiran pantai yang bersih. Pantai ini diapit oleh pantai Monumen dan pantai Kilang Mandiri. Bagi yang hanya ingin merasakan suasana pantai cukup berlibur di pantai ini saja tanpa jauh-jauh ke pantai Manggar atau pantai Lamaru.

4. Pantai Lamaru

Pantai ini sedikit lebih jauh dari pantai Manggar bila dari kota Balikpapan. Tapi pantai ini sangat cocok buat keluarga yang ingin berwisata pantai yang nyaman. Karena pantai ini lebih mempunyai fasilitas yang menghibur, seperti adanya mobil ATV, Dokar, Mobil Golf, dan arena bermain lainnya.

Kendaraan pengunjung bisa sampai ke pepohonan pinus untuk bersantai bersama keluarga tanpa jauh-jauh meninggalkan mobil di tempat parkir….hal ini yang menjadi kelebihan pantai Lamaru di bandingkan pantai Manggar.

dan pantai ini lebih bersih dan terawat karena di kelola oleh Swasta.

5. Pantai Kilang Mandiri

Pantai Kilang Mandiri
Pantai Kilang Mandiri

Pantai ini berada di tengah kota dan berada di pesisir pantai Balikpapan segaris dengan pantai Monumen dan Pantai kemala.. Lokasi tempat ini tepat berada dekat dengan Lapangan Merdeka…..

Bila ingin melihat Sunset pantai ini sangat cocok sekali untuk mengabadikannya.

6. Melawai / Pantai Melawai

Bila ingin mencoba bermacam kuliner kaki lima, datanglah ke pantai Melawai ini, dengan banyaknya kuliner yang tersedia sambil menikmati semilir angin laut dan menikmati sunset yang fantastis…..tempat ini sangat ideal.

7.KWPLH BALIKPAPAN (Konservasi Beruang Madu)

 

KWPLH Balikpapan menghadirkan akomodasi yang luar biasa untuk beruang madu yang diselamatkan dari perdagangan ilegal. Beruang madu adalah Maskot Kota Balikpapan, dan banyak program pendidikan kami dan pajangan informasi yang menyoroti mereka. Anda juga bisa mengunjungi fasilitas kami yang lain.

Tempat yang paling sering dikunjungi adalah Enklosur Beruang Madu. Tempat seluas 1,3 Ha ini adalah berupa pulau hutan yang dirancang khusus menyerupai habitat beruang madu. Pengunjung dapat mengamati mereka dari Jembatan atau dari Menara pantau.

Jam terbaik untuk melihat mereka adalah pada jam 09:00 pagi atau 03:00 sore. Kami juga memiliki Toko Oleh-Oleh, sehingga Anda dapat pulang dengan membawa kenang-kenangan di tangan!

Bagaimana Berkunjung?

Menggunakan kendaraan sendiri sangatlah dianjurkan mengingat tempat kami sedikit jauh dari jalan raya. Untuk menggunakan angkutan umum, gunakan Angkot No. 03 dari tengah kota (Kantor Pemerintah Kota) ke Terminal Batu Ampar, lalu carilah Angkot No. 08 (biasanya Angkot sudah menunggu di Terminal) dan mintakan kepada Supir untuk menurunkan Anda di Kilometer 23 atau dengan menyebut ‘Agrowisata’ Beruang Madu’,  Waktu tempuh perjalanan kurang lebih 1 jam, jika Anda minta diantar sampai masuk ke dalam akan dikenakan tambahan ongkos!). Dari jalan masuk, Anda perlu berjalan kurang lebih 1 km menuju lokasi kami.

8. Kebun Raya Balikpapan 

Kebun Raya Balikpapan diresmikan pada tanggal 20 Agustus 2014 oleh Menteri Kehutanan, Menteri PU, Kepala LIPI dan Gubernur Kalimantan Timur dan telah menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat kota Balikpapan. Hal ini seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengenal Kebun Raya yang terletak di KM 15 Jalan Poros Balikpapan-Samarinda kemudian masuk 3km ke wilayah Kebun Raya Balikpapan.

Pengunjung Kebun Raya Balikpapan juga bisa mendapatkan Informasi mengenai Kebun Raya Balikpapan beserta fungsi dan peranannya, serta tanaman-tanaman khas dan unik koleksinya. Di Gedung ini pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh dan cindera mata khas Kebun Raya Balikpapan seperti T-shirt, gantungan kunci dan lain-lain. Kebun Raya Balikpapan ini juga telah memiliki fasilitas seperti mushola, toilet umum dan Guest House atau wisma tamu yang dapat mendukung kegiatan para pengunjung agar tetap nyaman saat berada di kebun raya Balikpapan. 

 

Wisata Belanja

1. Pasar Inpres Kebun Sayur ( menjual pernak-pernik khas Kaltim)

Wisata Militer

1. Angkasa Air Soft Gun Area


Lokasi Santai (karena lokasinya kecil, cocok untuk bersantai) :

1. Monumen Perjuangan Rakyat

2. Taman Bekapai

3.  Taman Tiga Generasi Ring Road

4. Lapangan Merdeka

Car Free Day 9 September 2012

Lokasi yang patut di abadikan bagi yg suka dunia Photography

1. Pantai Melawai, Pantai Banua Patra

2. Kontur Bukit Gn. Dubbs

3. Lokasi Pancur Gn. Dubbs

4. Kilang Minyak Pertamina (bisa juga di photo dari Gn. Dubbs)

5. Monumen Perjuangan Rakyat

6. Taman Bekapai

7. Panorama Kota Balikpapan dari Gn. Dubbs

8. Hutan Lindung Sungai Wain

9. dan lokasi-lokasi Pantai

Advertisements

14 thoughts on “Pariwisata”

  1. Tambah dong keterangan ada apa saja di suatu tempat. Jadi kami yang bukan orang Balikpapan punya referensi tempat mana yang menarik dikunjungi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Visit Balikpapan

%d bloggers like this: