Bandara Sepinggan ‘Termegah’ di Indonesia


Bandara International SEPINGGAN balikpapan sudah beroperasi

Alhamdulillah, terminal bandara The New Sepinggan di Balikpapan telah beroperasi sepenuhnya mulai tanggal 22 Maret 2014. Angkasa Pura I selaku pengelola pun sudah langsung memasang target khusus untuk menggondol prestasi sebagai bandara dengan pelayanan terbaik “The Best Services Airport 2014”

Sepinggan

Kapasitas Terminal Bandara Sepinggan bisa menampung hingga 10 juta penumpang per tahun. Bandara yang sebelumnya hanya bisa menampung 2 juta penumpang dan telah mengalami over capacity pada tahun 2013 sebanyak 7 juta. Sehari-harinya ada 20.000-22.000 penumpang yang datang, berangkat, transit atau transfer melalui bandara Sepinggan.

The New Sepinggan ini juga mengalahkan bandara Internasional Soekarno-Hatta, bandara Kuala Namu di Medan, dan bandara Ngurah Rai di Bali dalam hal desain dan konsep. Beberapa keunggulan Bandara Internasional Sepinggan antara lain

  • Fasilitas penanganan bagasi dan sistem keamanan yang canggih.
  • Mengusung konsep futuristic eco-airport, desainnya juga dibuat modern tapi tetap ramah lingkungan.
  • Berdinding kaca-kaca transparan. Kaca juga dipasang di atap sehingga sinar matahari yang melimpah bisa masuk ke ruangan dan konsumsi energy listrik bisa ditekan.
  • Bandara pertama di Indonesia yang seluruh lampu penerangannya menggunakan  LED.
  • Atap terminalnya yang tinggi sehingga pengunjung yang datang ke sini benar-benar merasakan kenyamanan yang luar biasa lega.
  • Fasilitas taman di tengah terminal, Tiga taman di taruh di area pengambilan bagasi di lantai satu dan dua lainnya di lantai tiga, yakni di samping area check-in.
  • Boutique Mal yang terintegrasi dengan bandara. Dan merupakan satu-satunya bandara di Indonesia yang menerapkan Mall yang terintegrasi dalam bandara. Nantinya berada di lantai 1-3. Dan bisa di akses oleh pengunjung umum.
  • 11 garbarata, 68 check-in counters dan 8 unit conveyor.
  • Gedung parkir empat lantai dengan kapasitas hingga 2.300 unit kendaraan.
  • Aplikasi Airport Integrated Management System (AIMS)
  • HBS (hold baggage screening) level 4
  • 245 CCTV di berbagai sudut bandara untuk memantau semua aktivitas yang terjadi di bandara dan tidak ada celah yang tidak terpantau.

Berikut photo-photo Cantik, Elegan dan Megah Bandara International SEPINGGAN Balikpapan.

Sebagian besar photo di ambil dari skyscrapercity.com

11 thoughts on “Bandara Sepinggan ‘Termegah’ di Indonesia”

      1. Dari segi facade dan desain, secara objective memang lebih bagus Bandara Sepinggan🙂, tapi dr segi traffic dan penerbangan keluar negeri, Kuala Namu jauh lebih banyak dari sepinggan🙂

    1. memang warnanya dominan putih, para pengunjung dengan pakaian mereka yg memberi warna. Dari segi desain masih bagus Sepinggan, tapi dari segi tenant, Kualanamu sdh padat berisi…:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s